Selasa, 31 Maret 2009

PRODUK UNGGULAN DESA BLEDERAN

Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah merupakan salah satu desa di Kabupaten Wonosobo dengan mata pencaharian penduduk yang beraneka ragam dari mulai buruh tani, petani sayur, buruh bangunan, sebagian kecil karyawan, wiraswasta dan menciptakan industri rumah tangga (Home Industry) berupa opak.
Opak di Desa Blederan merupakan produk unggulan desa. Adapun jumlah rumah tangga yang memproduksi opak ada 50 Kepala Keluarga. Jenis-jenis opak hasil produksi dari Desa Blederan antara lain :
1. Opak Kelapa
2. Opak Angin ( opak ketan / opak gombloh )
3, Opak Ketela Pohon ( opak budin )

Penjelasan :
1. Opak Kelapa :
dinamakan opak kelapa karena bahan bakunya dari kelapa dicampur dengan beras ketan dan juga bermacam bumbu-bumbu yang lain dan apabila dimakan akan terasa gurih.
2. Opak Angin ( opak ketan / opak gombloh ) :dinamakan opak angin/opak ketan/opak gombloh karena bahan baku dasarnya dari beras ketan dicampur dengan bumbu-bumbu yang lain dan apabila dimakan tidak kenyang-kenyang.
3. Opak Ketela Pohon ( bahasa jawanya opak budin ) : dinamakan opak ketela pohon/opak budin karena bahan baku dasarnya dari ketela pohon / budin.

Dari ketiga jenis opak yang merupakan produk unggulan Desa Blederan dapat dikatakan makanan non kolesterol karena proses pembuatan dan bahan bakunya serta cara memasaknya yang dibakar diatas api arang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar