Selasa, 09 November 2010

POSBINDU Desa Blederan

Forum Kkesehatan Desa ( FKD ) Desa Blederan Kecamatan Mojotengah mendapat kepercayaan sebagai satu dari dua desa di Kabupaten Wonosobo sebagai pilot project pembentukan Pos Pembinaan Terpadu ( POSBINDU ) di Kabupaten Wonosobo. Peserta pelatihan dari Kepala Desa, FKD dan Kader Posyandu. Untuk menindaklanjuti hasil pelatihan dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, tentang pembentukan Pos Pembinaan Terpadu ( POSBINDU ), maka pada tanggal 9 Nopember 2010 dilaksanakan pertemuan FKD dalam rangka pembentukan POSBINDU.

POSBINDU dilaksanakan sebagai sarana untuk mengecek kesehatan warga masyarakat desa dalam hal antisipasi dini terhadap penyakit yang di derita. Pelaksanaan POSBINDU di fokuskan untuk pelayanan kesehatan untuk jenia penyakit yang tidak menular ( PTM ) antara lain : Hipertensi, Jantung, Tekanan Darah dll. Adapun warga masyarakat yang menjadi sasaran dari POSBINDU adalah usia-usia produktif yang selama ini belum terlayani di POSYANDU balita dan Ibu hamil dan juga di POSYANDU Lansia.

Agenda pertemuan perdana adalah pembentukan Pengurus POSBINDU Desa Blederan dari unsur Perangkat Desa, TP PKK, Kader Posyandu dan lembaga desa lainnya. Sebagai Ketua POSBINDU Desa Blederan adalah Ibu Dra. Hj Windarti di bantu oleh pengurus-pengurus di tingkat bawahnya. Setelah pertemuan dilaksanakan pemeriksaan terhadap peserta pertemuan untuk mengetahui tinggi dan berat badan, tekanan gula darah, kolesterol dll.

Adanya POSBINDU diharapkan warga masyarakat desa untuk secara katif memeriksakan diri dan datang ke sekretariat POSBINDU di lingkungan Kantor Desa Blederan dan untuk pelayanan akan dilaksanakan setiap bulan minggu kedua, untuk pelayanan perdana dilaksanakan pada hari minggu tanggal 21 Nopember 2010 jam 09.00 - selesai bertempat di Ruang Pertemuan Desa Blederan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar