Selasa, 01 September 2009

Pantauan Kearsipan Pemerintahan Desa dan Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa



Kearsipan Pemerintahan Desa.
Menindaklanjuti sosialisasi tentang kearsipan desa di Gedung Sasana Adipura Kencana Kabupaten Wonosobo yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Ibu Dra. Hj. Rustriningsih. M.Si Pemerintah Propinsi Jawa Tengah menerjunkan Tim Pemantau kearsipan ke desa-desa dan Desa Blederan mendapat kepercayaan dari Kecamatan Mojotengah untuk dipantau mengenai penataan kearsipan Pemerintahan Desa. Secara umum tentang kearsipan di masing-masing desa sangat perlu diadakan penataan kembali karena kalau kita amati penataan kearsipan masih amburadul. Memang semua pihak harus menyadari masalah penataan kearsipan tidak bisa dilepaskan dengan kesiapan Sumber Daya Manusia yang ada di masing-masing desa. Harus diakui peran seorang Kepala Desa sangat penting dalam rangka memberdayakan semua unsur yang ada di desa yang dalam hal ini semua kelembagaan yang ada dan tentunya Sekdes dan Perangkat Desa, karena kearsipan menjadi bagian pekerjaan dari Sekdes dan Perangkat Desa dengan dikomandanni Kepala Desa. Kepala Desa menjadi figur yang penting untuk menggerakkan mitra dalam kerja yaitu Perangkat dan Lembaga Desa. Kita ingat kata-kata "Ing Ngarso Sung Tuladha Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani " yang tidak bisa dilepaskan dengan gaya kepemimpinan, akan tetapi banyak pemimpin tapi sedikit yang mempunyai sifat kepemimpinan yang benar-benar dapat mengayomi dan menjadi tuntunan masyarakat umumnya.

Kunjungan Balai Diklat PMD Yogyakarta
Desa Blederan Kecamatan Mojotengah mendapat kepercayaan dari Kabupaten Wonosobo dan Kecamatan Mojotengah mendapat kunjungan kerja dari Balai Diklat Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Yogyakarta pada tanggal 1 September 2009. Tim Balai Diklat PMD mempunyai maksud dan tujuan ingin membuktikan pelaksanaan di lapangan terkait dengan pelaksanaan pelatihan PMD pada Bulan April 2009 yang diselenggarakan oleh Balai Diklat PMD Yogyakarta yang mana Kecamatan Mojotengah di wakili oleh Kepala Desa Blederan dan Kepala Desa Mojosari. Kunjungan dari Balai Diklat PMD menanyakan informasi seputar hasil pelaksanaan pelatihan Kepala Desa dan penerapannya dalam pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa juga mencari masukan tentang pelaksanaan pelatihan PMD bagi Kepala Desa.
Beberapa hal yang menjadi tema kunjungan antara lain : Profil Desa, SOTK Desa, RPJMDesa, RKPDesa, Keuangan Desa, Administrasi Desa, dan laporan-laporan lainnya.



Pelaksanaan pelatihan Pemerintahan Masyarakat Desa secara umum materinya sama dengan pelatihan tentang Pemerintahan Desa yang lain yang pernah dilaksanakan. Ada kelebihan yang dapat kita terima menjadi suatu pengalaman yang berharga adalah adanya Kunjungan Kerja / Study Banding ke desa-desa yang lebih maju. Dari hasil kunjungan peserta diklat ke Desa Ngentakrejo banyak hal yang di dapat antara lain : proses pembuatan perdes, pengelolaan aset desa dan penggalian pendapatan asli desa serta hal-hal lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar