Selasa, 03 Februari 2015

Ziarah Warga di Jepara dan Kudus

Minggu, 1 Februari 2015, pemuda klesman kulon yang tergabung dalam jamaah barzanzi melakukan wisata religi ke Jepara dan Kudus. Tujuan mereka kali ini adalah berziarah ke makam Syeikh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy di Jepara dan makam Raden Umar Said Sunan Muria di Kudus. Dengan menggunakan bus wisata Vandama, mereka berangkat pukul 8 pagi dari Desa Blederan.

Tujuan pertama mereka adalah makam Syeikh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy. Makam ulama yang satu ini ternyata tidak di pulau Jawa tapi di Pulau Panjang. Jamaah Barzanzi Klesman Kulon menuju ke pulau ini dengan menggunakan perahu yang disewa dari warga yang ada di Pantai Kartini, Jepara. Tarif perorangnya Rp 15.000,- pulang pergi dengan jarak tempuh adalah sekitar 20 menit perjalanan.

Warga Klesman Kulon di Pulau Panjang, Jepara
Setelah berziarah di makan Syeikh Abu Bakar, mereka melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kudus, tepatnya di Pegunungan Muria, tempat makam Raden Umar Said Sunan Muria berada. Dari lokasi parkir bus ke makam, mereka harus naik ojek dulu karena jaraknya yang lumayan jauh dan menanjak. Setelah selesai berziarah, baru mereka turun jalan kaki. Banyak pedagang di sepanjang jalan turun, mulai dari pedagang pakaian, makanan, sampai pernak-pernik.

Selesai berziarah di Makam Syeikh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy dan Raden Umar Said Sunan Muria, mereka pulang ke Desa Blederan. Hari Senin, 2 Februari 2015 menjelang subuh mereka baru sampai di rumah masing-masing dengan selamat. (fila174)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar